SETELAH SEHARIAN BERAKTIVITAS… MAU TAU CARANYA MENGHILANGKAN PEGAL ???

Bagikan:
SETELAH SEHARIAN BERAKTIVITAS… MAU TAU CARANYA MENGHILANGKAN PEGAL ???

Setiap orang pasti pernah mengalami yang namanya capek dan pegal pada tubuh. Kondisi tersebut disebabkan oleh ketegangan yang terjadi pada otot yang menyebabkan cedera otot atau tendon. Ketegangan otot sendiri juga diakibatkan oleh berbagai hal seperti kurangnya waktu tidur, pola diet yang salah, banyaknya aktivitas, stres dan lainnya. Untuk mengatasi pegal terkadang seseorang memilih untuk melakukan pijat tradisional maupun menggunakan alat modern seperti kursi pijat. Beberapa juga mengoleskan minyak dan salep untuk menguranginya. Ada juga yang rajin mengonsumsi suplemen untuk mencegah tubuh terlalu capek.

Setiap orang pasti pernah mengalami yang namanya capek dan pegal pada tubuh. Kondisi tersebut disebabkan oleh ketegangan yang terjadi pada otot yang menyebabkan cedera otot atau tendon. Ketegangan otot sendiri juga diakibatkan oleh berbagai hal seperti kurangnya waktu tidur, pola diet yang salah, banyaknya aktivitas, stres dan lainnya.

Untuk mengatasinya ada beberapa cara yang mungkin bisa kalian coba dirumah:

Berendam Atau Mandi Air Hangat

Saat tubuh anda terasa capek dan pegal akibat  seharian beraktivitas kalian bisa berendam atau mandi menggunakan air hangat. Cara tersebut ampuh membuat otot yang menegang lebih rileks. Kalian juga akan lupa terhadap stres dan kekhawatiran yang dirasakan sepanjang hari. Selain itu, kalian bisa menambahkan garam epsom atau minyak aromaterapi agar memberikan relaksasi yang lebih dalam. Garam epsom sendiri sudah terbukti ampuh meredakan nyeri.

Mengurangi Pegal Dengan Banyak Minum Air Putih

Penyebab utama tubuh terasa pegal adalah dehidrasi atau kekurangan cairan. Oleh karena itu, kalian harus mencukupi kebutuhan cairan tubuh dengan meminum air putih 8 gelas per hari. Air putih memiliki manfaat untuk mengendurkan urat dan melemaskan otot yang tegang. Selain itu, air putih dapat melarutkan kadar asam urat di dalam tubuh yang nantinya akan dikeluarkan melalui air seni. Hal ini akan mempercepat metabolisme tubuh agar tidak mudah terserang pegal.

Terapi Dingin Dengan kompres Es batu

Biasanya dilakukan oleh para atlet saat kelelahan. Seperti para pelatih sepak bola yang menggunakan metode berendam es batu untuk menghilangkan pegal-pegal dan tegang otot para pemainnya. Jika kalian tidak tahan terhadap suhu dingin, kalian cukup mengompres bagian tubuh yang pegal dengan handuk atau kantong yang sudah diisi es batu. Kompres dan tekan-tekan sedikit selama 15 menit. Suhu dingin dapat membantu mengatasi pegal.

Minum Air Jahe Saat Kelelahan

Jahe merupakan obat alami yang manjur mengatasi pembengkakan dalam tubuh. Antioksidan dan sifat menyembuhkan di dalamnya dianggap mampu menetralkan tubuh dari racun serta mempercepat penyembuhan dari rasa nyeri dan pegal.Cara penggunaannya mudah. Cukup seduh atau rebus jahe dalam air. Tambahkan madu jika tidak menyukai rasa pedas pada jahe.

Peregangan Setelah Beraktivitas 

Cara yang paling mudah untuk mengatasi pegal adalah melakukan peregangan tubuh. Peregangan dilakukan untuk melemaskan bagian otot yang tegang. Bagi kalian yang bekerja di depan komputer, sebaiknya lakukan peregangan setidaknya 1 jam sekali selama 2 menit.

Konsumsi Makanan Yang Mengandung Omega 3 Dan Zat Besi

Rasa pegal atau letih terkadang disebabkan oleh anemia yakni kekurangan sel darah merah. Maka dari itu, sebaiknya kalian mengonsumsi makan yang kaya akan zat besi seperti daging tanpa lemak, tahu, kerang, kacang-kacangan dan biji-bijian untuk memulihkan sel-sel darah merah di dalam darah.

Selain itu, untuk meningkatkan energi, kalian membutuhkan asam lemak omega 3. Kandungan tersebut tidak dibentuk secara alami oleh tubuh, jadi kita membutuhkan asupan dari luar yakni berupa makanan. Omega 3 dapat kalian temukan pada ikan yang berlemak seperti salmon, tenggiri dan tuna.

Mengatasi Pegal Dengan Berolahraga Secara Rutin

Saat pegal, kalian pasti malas untuk beraktivitas lebih. Namun, olahraga adalah cara paling efektif untuk mengatasi kelelahan. Berbagai penelitian telah membuktikan bahwa orang-orang yang berolahraga secara teratur akan lebih aktif, lebih bertenaga dan tentunya lebih sehat.

Olahraga tidak perlu yang berat seperti berlari selama satu jam. Kalian bisa melakukan kegiatan yang menyenangkan seperti tari, bela diri atau bersepeda, yang penting tubuh aktif bergerak. Ikut kelas yoga juga ampuh mengurangi keletihan, lho.

Tidur Yang Cukup Untuk Mengatasi Pegal

Cara paling mudah mengatasi keletihan adalah memberikan waktu tubuh untuk beristirahat. Pasalnya, tubuh kalian juga membutuhkan waktu untuk menyembuhkan diri. Tidur lah sekurang-kurangnya 7 hingga 8 jam setiap hari.

Selain cara-cara diatas Untuk mengatasi pegal terkadang seseorang memilih untuk melakukan pijat tradisional maupun menggunakan alat modern seperti kursi pijat. Beberapa orang juga mengoleskan minyak dan salep untuk mengurangi rasa capek dan pegalnya. Ada juga yang rajin mengonsumsi suplemen untuk mencegah tubuh terlalu capek. Jadi setelah membaca artikel ini kalian bias memilih cara mana yang paling ampuh buat usir capek tubun anda.

SETELAH SEHARIAN BERAKTIVITAS… MAU TAU CARANYA MENGHILANGKAN PEGAL ???
Pijat Rukrak bisa jadi salah satu alternatif mu

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *